Sabtu, 31 Maret 2012

Earth Hour 2012. Awas matikan Lampumu Hari Ini !!!



Dieng, Wonosobo- Banjarnegara, Earth Hour atau Jam Bumi adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh WWF (World Wide Fund for Nature, juga dikenal sebagai World Wildlife Fund) dan diadakan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya yang meminta rumah-rumah dan perkantoran untuk memadamkan lampu dan peralatan listrik yang tidak perlu selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya tindakan terhadap perubahan iklim. Earth Hour dicetuskan oleh WWF dan The Sydney Morning Herald tahun 2007 ketika 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak perlu.Setelah Sydney, banyak kota-kota lain di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada tahun 2008.
Menurut laporan WWF tahun 2008 ,berdasarkan hitungannya, kegiatan mematikan lampu selama satu jam di wilayah Jakarta menghemat 10 persen dari konsumsi listrik rata-rata per jamnya atau sekitar 300 megawatt. Daya itu cukup untuk mengistirahatkan satu pembangkit listrik dan mampu menyalakan 900 desa. Dengan dukungan penuh masyarakat, program itu juga mampu mengurangi beban biaya listrik Jakarta sekitar Rp200 juta. Mengurangi emisi CO2 sekitar 284 ton. Menyelamatkan lebih dari 284 pohon, karena satu pohon bisa menghirup CO2 sebanyak satu ton sepanjang hidupnya dan menghasilkan O2 bagi 568 orang. 

Gimana tahun ini, banyak cara yang ditempuh untuk berpartisipasi dalam earth hour, dijogjakarta akan ada ratusan obor yang dihidupkan dan mematikan lampu/ alat elektronik yang menggunakan tenaga listrik, selama 1 jam dalam rangka eart hour tahun ini, dibogor juga akan ada kegiatan unik lainnya yang mendukung kampanye serupa.
Cukup 1 jam untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini sukur-sukur lebih dari itu Peringatan satu jam untuk bumi yang digagas  WWF dan dicanangkan sebagai hari bagi upaya penyelamatan bumi dari kerusakan, berupa inisiatif global yang mengajak individu, pelaku bisnis, pemerintah, dan sektor publik lainnya di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu (hanya) dalam satu jam, pada hari Sabtu, 31 Maret 2012 pukul 20.30 – 21.30 (waktu setempat).
Earth Hour merupakan upaya untuk menyadarkan semua penduduk bumi akan arti pentingnya penyelamatan bumi dari kerusakan, global warming,menipiskan energi yang tidak terbarukan dll, caranya gampang saja kok, cukup matikan lampu/ atau alat yang menggunakan energi listrik selama 1 jam. cukup 1 jam dan kita sudah ikut menyumbangkan sesuatu bagi umat manusia lainnya.
Bagaimana dengan Wonosobo dan Banjarnegara, apakah sudah siap nanti malam kita matikan lampu dan alat listrik selama 1 jam ? nggak apa- apa kok, nggak rugi-rugi amat, bahkan kita bisa bernostalgia dengan keadaan jaman dulu ketika belum ada listrik, di Dieng misalnya, dulu kalau mau bepergian malam masih menggunakan obor, untuk penerangan masih menggunakan bahan bakar dari lemak hewan ternak, dan toh nggak apa-apa semua fine-fine saja, ditambah lagi kegiatan Earth Hour ini telah menjadi trend dunia, jadi bagi yang nggak mau ketinggalan trend ikuti saja langkah ini.matikan lampu selama 1 jam nanti malam.
Apa yang akan dilakukan selanjutnya ? setelah mencoba selama 1 jam dan terasa asyik, lama kelamaan keasyikan ini akan ditambah, dengan  kebiasaan untuk mematikan peralatan listrik yang tidak perlu, tidak seperti sekarang ini, kalau hari mulai senja, semua lampu dinyalakan bahkan yang tidak ada gunanya pun ikut dinyalakan, tangan kita telah menjadi memiliki gerakan reflek pencet sana-sini, colok sana-sini, sampai semua peralatan listrik hidup, nggak di kota nggak di desa semuanya sama, TV sudah hidup, dikamar masih mnghidupkan tape/ radio, ipod menyala juga, sampai -sampai kita dikepung oleh sesuatu yang sebenarnya tidak perlu.Cukup 1 Jam untuk mencoba sesuatu yang berguna bagi sesama. dan mungkin ini masih tergolong aneh bagi kita semua, yang jelas dengan 1 jam ini kita akan mencoba sesuatu yang lain dari biasanya.dan kalau ternyata masih sulit juga untuk ikut berpartisipasi, masih ada cara ekstrim yang dapat ditempuh, yaitu PLN yang bergerak untuk mematikan jaringan listrik dengan melokalisir daerah tertentu, dan untuk pelayanan khusus seperti Rumah sakit, Pos polisi dan tempat darurat lain hendaknya dapat tetap hidup.
Well, selamat mencoba dan Awas ,Matikan Lampumu hari ini, tanggal 31 Maret 2012 jam.20.30 – 21.30 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar