Rabu, 18 April 2012

Inilah Mobil Dengan Bahan Bakar Ampas Kopi


Ide jenius ini dilakukan oleh beberapa peneliti asal Inggris yang berhasil membuat sebuah mobil yang mampu berjalan hanya dengan mengandalkan tenaga dari kopi. Selain itu, yang menarik dari mobil ini adalah berhasil memecahkan rekor dunia untuk mobil bertenaga sampah organik
. Mobil yang dibangun dari modifikasi Rover SD1 ini berhasil mencetak rekor di Race Track Elvington dekat York, Inggris ketika berlari hingga kecepatan 107 km/jam. Angka ini menghancurkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh tim asal Amerika yang pernah membangun mobil berbahan bakar ampas kayu yang mampu berlari hingga 75,6 km/jam.
Untuk membuat mobil ini, insinyur Martin Bacon bersama Teesdale Conservation Volunteers of Durham menelanjangi sebuah mobil tua untuk kemudian dirakit ulang dan diberikan sebuah ‘gasifier’ dan filter, yang ternyata mampu mengkonversi ampas kopi menjadi energi untuk menggerakkan mesin.
Mobil itu kemudian melakukan perjalanan dari London ke Manchester pada Maret tahun lalu dan langsung masuk ke Guinness Book of Records karena tidak ada mobil bertenaga limbah yang pernah melakukan perjalanan jauh sebelumnya. Minggu lalu, mobil ini kembali menunjukkan kemampuannya dengan berlari dan kembali memecahkan rekor. Mobil ini juga tampil dalam acara tv Bang Goes The Theory.
Presenter Bang Goes The Theory mengatakan kalau cara kerja dapur pacu mobil ini menunjukkan banyak alternatif yang bisa digunakan untuk mesin yang biasanya menghabiskan bahan bakar fosil.
“Ini seperti sebuah kompor arang tua. Kopi memanas seperti arang. Kemudian gas pembakaran, yang umumnya karbon dioksida dan uap air, sedikit karbon panas untuk karbon monoksida dan hidrogen. Gas ini kemudian disaring oleh cyclone filter dan rock wool filter dan didinginkan oleh radiator,” ungkapnya seperti detikOto kutip dari Daily Mail. “Pada akhirnya gas menjadi jauh lebih dingin dan bersih dan disalurkan ke mesin. Gas kopi, karbon monoksida dan hidrogen, berjalan ke silinder dan ‘meledakkan’ mesin’,” jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar