Jumat, 27 April 2012

Secondhand Serenade Profil


Secondhand Serenade


Secondhand Serenade adalah sebuah band rock akustik Amerika , yang dipimpin oleh vokalis dan gitaris yang bernama John Vesely. Vesely telah merilis tiga album solo yang sampai sekarang dibawah nama Secondhand Serenade. Album pertama Awake, dirilis pada tahun 2007, A Twist on My Story pada tahun 2008 dan Hear Me Now pada tahun 2010. Album pertama Secondhand Serenade menggunakan rekaman multitrack untuk membuat suara dengan menggunakan teknologi, sedangkan album kedua mengambil cara yang berbeda yaitu dengan menggunakan sebuah musik yang tepat dan synthesizer untuk membentuk suara lebih sempurna.

SEJARAH

Pada tahun 2004 John Vesely membentuk Secondhand Serenade di kota di mana ia tinggal, Menlo Park, California, Amerika Serikat. Vesely dibesarkan di San Francisco Bay Area di keluarga musik dan sebagai anak dari seorang ayah musisi jazz professional sehingga menurutnya masuk ke dunia musik adalah hal yang biasa. Dia menghabiskan 8 tahun bermain bass di band-band lokal, dari bermain ala ska dan hardcore sampai ala rock dan pop. Salah satu band di mana ia pernah bermain adalah Sound Like Life. Setelah bertahun-tahun bermain bass, ia memilih untuk bermain gitar akustik. Vesely mengikuti tradisi John Ondrasik dari Five for Fighting.

Vesely mulai menulis lagu sendiri ketika ia merayu Candice Vesely, istrinya. Candice ingin John memainkan sebuah lagu untuk merayunya. Nama samarannya Secondhand Serenade berasal dari kata 'serenade' yang berarti musik rayuan, yang saat itu ia sering nyanyikan untuk istrinya Candice. Namun pada tahun 2008 pasangan ini bercerai. Vesely pun patah hati, hal ini terlihat jelas pada beberapa lagunya. Dia merilis albumnya yang berjudul A Twist In My Story sebagai ungkapan hatinya ketika bercerai.

Pada tahun 2005, Vesely merilis album pertamanya yang berjudul Awake. Rekamannya hanya menggunakan sebuah gitar akustik dan multi-tracked vocal. Album ini dipromosikan melalui halaman Myspace Secondhand Serenade dan juga saat pertunjukkan lokal. Pada awalnya CD Secondhand Serenade hanya dijual melalui pesanan dengan menggunakan akun PayPal, namun kemudian Vesely berkerja sama dengan dengan distributor TuneCore , membuat lagu Secondhand Serenade terserdia di portal musik termasuk iTunes.

Album ini mendapat dukungan online yang luar biasa, dan pada akhir tahun 2006 Secondhand Serenade telah menerima jutaan permintaan konser di Myspace dan telah menjadi the social-networking site's No. 1 Independent Artist for months. Secara finansial, ia dikatakan mendapat sampai $ 20.000 per bulan dari download dan penjualan barang dagangan di luar rumahnya. Ia menjual sendiri lebih dari 15.000 kopi albumnya, dan kemudian ada label yang tertarik dengan Secondhand Serenade. Kemudian ia menandatangani kontrak dengan label Glassnote Records.

Pada tahun 2006, Rolling Stone mengumumkan Secondhand Serenade sebagai juara 3 di polling pembaca majalah untuk Best Myspace Artist.

Di awal tahun 2007, album Awake diterbitkan kembali oleh Glassnote Records dengan dua lagu tambahan. Dirilis pada tanggal 31 Januari dan memberikan Vesely chart pertamanya. Secondhand Serenade hanya merilis satu lagu sebagai single dari album pertamannya yaitu lagu yang berjudul Vulnerable.
Kemudian pada tanggal 19 Februari 2008 album kedua dirilis, A Twist in My Story. Sebagian besar album adalah lagu baru yang ditulis oleh John Vesely.

Judul album keduanya ini merupakan gambaran kisahnya yang berubah karena bercerai dengan istrinya, Candice, pada tahun 2008. Pada November 2008, single Fall for You mendapatkan Platinum dari RIAA.
Tepat tanggal 3 Agustus 2010. Secondhand Serenade merilis album ketiganya yang berjudul Hear Me Now. Vesely menyebutkan bahwa lagu barunya akan bertempo lebih cepat dari album sebelumnya.

DISKOGRAFI

2007 Awake
2008 A Twist in My Story
2010 Hear Me Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar